Salah satu cara pemerintah untuk mewujudkan Generasi Emas adalah dengan memaksimalkan teknologi digital yang berkaitan dengan bahasa. Salah satunya adalah Duolingo sebagai aplikasi yang membuat kegiatan belajar menjadi kreatif dan inovatif yang dapat memengaruhi motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivitasan dari duolingo dalam meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian literature review dengan mencari artikel jurnal dari database ProQuest dan Google Scholar. Artikel jurnal akan disaring kembali sesuai dengan beberapa kriteria inklusi, yaitu: 1) artikel jurnal membahas tentang pengaruh duolingo terhadap motivasi belajar bahasa Inggris, 2) artikel jurnal yang diterbitkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, 3) artikel jurnal diperoleh dari database terpercaya, 4) artikel jurnal menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, 5) jurnal terindeks minimal SINTA 2 atau jurnal internasional yang terindeks SCOPUS, 6) artikel jurnal termasuk dalam jenis open access. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Duolingo memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
Copyrights © 2024