Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PJOK di satuan pendidikan sekolah pengerak tingkat SMA di Kabupaten Buol. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah Sekolah Penggerak Tingkat SMA di Kabupaten Buol. Dengan demikian sample penelitian ditentukan dengan total sampling technique, yakni seluruh Guru PJOK yang bertugas di dua Satuan Pendidikan yaitu SMA 1 Biau dan SMA 1 Bunobogu (n=6).  Permasalahan yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah cara implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan Kabupaten Buol, khususnya di tingkat SMA, yang telah berjalan lebih dari satu tahun dan mencakup dua tingkatan kelas, yaitu kelas X dan XI. Kedua tingkatan ini telah menerapkan Kurikulum Merdeka, dan hasil evaluasi menunjukkan adanya perubahan dan peningkatan dalam penerapannya. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PJOK di SMA 1 Biau dan SMA 1 Bunobogu tergolong pada kategori baik, dengan 100% responden menyatakan bahwa penerapan kurikulum tersebut berjalan efektif. Penelitian ini memberikan gambaran positif mengenai keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK di Kabupaten Buol.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024