Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terdapat mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang yang tidak tertarik dengan pemberitaan politik, dalam permasalahan tersebut diharapkan media sosial dapat berperan dalam mendukung keterlibatan pemilih pemula dalam pilpres 2024. Terkait dengan pemilihan presiden tahun 2024, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan bagaimana media sosial memengaruhi partisipasi pemilih pemula di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei dan metodologi kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teori dari Katz dan Gurevitch (1959), yaitu uses and gratifications. Berdasarkan hasil penelitian, 18,2% karakteristik penggunaan media sosial (X) berpengaruh sangat rendah terhadap partisipasi pemilih pemula (Y) dalam pemilihan presiden tahun 2024. Namun, faktor-faktor tambahan yang tidak diteliti memiliki dampak terhadap 81,8% sisanya.
Copyrights © 2024