Tujuan dari penelitian dimaksudkan untuk mengevaluasi strategi pemasaran Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi dalam menarik jumlah kunjungan wisatawan. Peneliti menggunakan Accidental Sampling dalam mengambil sampel, dan wawancara terstruktur bersama pengelola objek wisata. Peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Strategi SO mencakup Peningkatan mutu sumber daya manusia di bidang pariwisata, pengembangan sarana promosi yang efektif, penyelenggaraan festival tahunan, serta pelestarian dan pengembangan potensi fisik yang ada. Strategi WO mencakup peningkatan kesadaran tentang kebersihan, penataan ulang area parkir dan artshop, pemanfaatan media audio-visual untuk komunikasi, edukasi, dan hiburan, serta distribusi brosur di lokasi-lokasi strategis seperti hotel, agen perjalanan, dan bandara. Strategi ST berfokus pada kerja sama dengan lembaga yang mengawasi lalu lintas dan pengelolaan limbah industri, pemeliharaan keindahan pantai, serta pembentukan tata tertib bagi pengunjung. Sedangkan strategi WT bertujuan untuk memperbaiki sarana promosi, meningkatkan kebersihan dan pelestarian pantai, serta mengadakan pelatihan dan pembinaan dalam bidang pariwisata.
Copyrights © 2024