IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis
Vol 5, No 2 (2024): DECEMBER 2024

PENGARUH BAURAN PEMASARAN 4P TERHADAP MINAT BELI IKAN KERING DI UKM KELURAHAN OESAPA KOTA KUPANG

Bulan, Melkianus Teddison (Unknown)
Amil, Patricia Ardia (Unknown)
Sri, Naharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

This study aimed to analyze the effect of the 4P marketing mix on buying interest in dried fish at UKM Bahar in Oesapa village. The type of research used in this study was quantitative. The population was all consumers who had bought fish at UKM Bahar in Oesapa village at least twice and had an age range of 17–50 years with accidental sampling, and the total sample was 68 people. The data analysis was multiple linear regression. The findings showed that product and promotion variables had a negative and significant effect on consumer buying in­terest, price, and placed variables had a positive and significant impact on con­sumer buying interest, and product variables had a dominant effect on consumer buying interest in dried fish at UKM Bahar in Oesapa village. The implications of this study provided direction for SMEs in Bahar Oesapa village to pay attention to product and promotion factors because both factors negatively influenced consu­mer buying interest. After all, it indicates that the decreasing quality of products and promotions reduced consumer buying interest, so there will be an increase in sales in the future. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran 4P pada minat beli ikan kering di UKM Bahar kelurahan Oesapa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah semua konsumen yang pernah membeli ikan di UKM Bahar kelurahan Oesapa minimal dua kali dan memiliki kisaran umur 17–50 tahun dengan pengambilan sampel accidental sampling dan total sampel yang digunakan dalam penelitian ada­lah 68 orang. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil temuan menunjukkan bahwa variabel produk dan promosi berpengaruh negatif dan signifikan pada minat beli konsumen, vari­abel harga dan tempat berpengaruh positif dan signifikan pada minat beli konsumen, dan variabel produk dominan berpengaruh pada minat beli konsumen ikan kering di UKM Bahar keluraharan Oesapa. Implikasi pe­ne­li­ti­an ini mem­be­ri­kan arahan bagi pihak UKM Bahar kelurahan Oesapa untuk memperhatikan faktor produk dan promosi sebab kedua faktor tersebut memiliki pengaruh negatif terhadap minat beli konsumen karena mengindikasikan bahwa semakin menurunnya kualitas produk dan promosi, maka menurunkan minat beli konsumen, sehingga di masa yang akan datang ada peningkatan penjualan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

“IDEI: JURNAL EKONOMI & BISNIS” diterbitkan oleh Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI) dengan tujuan sebagai wadah diseminasi hasil penelitian, hasil kajian konseptual, dan hasil pengabdian masyarakat. Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun pada periode Juni dan Desember ...