Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam
Vol 1, No 01 (2016)

Keberhasilan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membentuk Kepribadian Guru dan Menumbuhkan Kesadaran Siswa dalam Melaksanakan Shalat Dluha (Studi Kasus di MTs. Salafiyah Bode Plumbon Kabupaten Cirebon)

Sybli, Sybli (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2016

Abstract

ABSTRAKKepemimpinan kepala Madrasah adalah cara atau usaha kepala Madrasah dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan staf, guru, siswa, orang tua siswa dan pihak lain yang terkait untuk bekerja dan berperan serta guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kepribadian guru adalah menggambarkan ketaatan terhadap aturan, norma,  atau kebijakan yang telah ditetapkan pimpinan.  Jika guru memiliki kepribadian yang baik, misalnya guru yang terlambat akan menimbulkan kesan tidak baik di mata siswanya, karena sebagai orang yang harus memberikan teladan tetapi yang dilakukan justru sebaliknya.  Oleh karena itu, untuk membangkitkan kesadaran siswa dalam melaksanakan shalat Dluha diperlukan sikap kepemimpinan dari kepala Madrasah dan kepribadian guru yang baik. Masalahnya, apakah terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala Madrasah dan kepribadian guru dengan kesadaran siswa dalam melaksanakan shalat Dluha di MTs. Salafiyah Bode.Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk menggambarkan kepemimpinan kepala Madrasah dengan kesadaran siswa MTs. Salafiyah Bode dalam melaksanakan Shalat Dluha; 2). Untuk menggambarkan kepribadian guru dengan kesadaran siswa MTs. Salafiyah Bode dalam melaksanakan Shalat Dluha; 3). Untuk mengetahui hubungan kepemimpinan kepala Madrasah dan kepribadian guru dengan kesadaran siswa MTs. Salafiyah Bode dalam melaksanakan shalat Dluha.Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan deskriftif analisis, sementara instrument penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data-data variabel X1 , X2 , dan Y adalah angket, dan instrument lain yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu: 1). Kepemimpinan kepala Madrasah adalah sebesar 84,8 % dan nilai tersebut mempunyai makna bahwa kepemimpinan kepala Madrasah yang telah berjalan di MTs. Salafiyah Bode baik, sebab nilai tersebut berada pada rentang nilai prosentase 76 % - 85 %..  2). Kepribadian guru MTs. Salafiyah Bode sebesar 89,9 % menunjukkan kategori sangat baik, sebab nilai tersebut berada pada rentang nilai prosentase 86 % - 100 %. 3). Kesadaran siswa dalam melaksanakan shalat dluha sebesar 90,1 % menunjukkan kategori sangat baik, sebab nilai tersebut berada pada rentang nilai prosentase 86 % - 100 %. 4). Keberhasilan kepemimpinan kepala Madrasah dalam membentuk kepribadian guru dan kesadaran siswa dalam melaksanakan shalat Dluha pada table di atas dapat dikategorikan Baik sekali (86,6%).     ABSTRACT Syibli; The succesful of principals leadership in forming teachers personality and  arising the students awareness in implementing Dluha prayer  ( Case Study in MTs. Salafiyah Bode Plumbon Cirebon ) Principals Leadership is a way or attempt headmaster in influencing, encouraging, guiding, directing, staff, teachers, students, parents, and other relevant parties to work and participate in order to achieve the intended purpose. teachers personality is to describe adherence to the rules, norms, policies that have been set by the leadership. If the teacher has a good personality, for example, teachers who are late will create the impression is not good in the eyes of the students, because they are as a person who provides exemplary but do just the opposite. therefore, to raise the awareness of students in carrying out Dluha prayer is necessary leadership of headmaster attitude and personality of a good teacher. the problem is, whether there is a correlation between the leadership of headmaster and teachers personality with students awareness in carrying out Dluha prayer in MTs. Salafiyah BodeThe purpose of this study are: 1. To describe leadership of headmaster with students of  MTs. Salafiyah awareness in praying Dluha, 2. to describe the personality of the teacher with the students awareness of  MTs.Salafiyah Bode in performing Dluha prayer, 3. To determine the correlation of the leadership of headmaster and teachers personality with students of MTs. Salafiyah awareness in praying Dluha.The general purpose of education is to guide students toward maturity. Leadership headmaster should be able and ready to be influencing, guiding, directing staff to work  effectively in order to achieve the objectives of education and learning that has been set. Also needed a good teachers personality, because students are human beings who are being directed who should also have a major personality, that maturity is the main purpose of education can be easily achieved, especially the maturity in running religious teachings of Islam.The method used in this research is survey method and descriptive analysis, while the research instrument used in collecting data variables X1, X2, and Y are questionnaires, and other instruments used by researchers to collect data relating to the study was observational , interviews, documentation and literatures.Based on the results of this study concluded that: 1) Leadership Principals amounted to 84.8% and the value of having a meaning that Principals leadership who have walked in MTs. Salafiyah Bode is well, because these values are in the range of the percentage of 76% -85 % , 2)The teacher’s Personalities of MTs. Salafiyah Bode are 89.9% showed very good category, because these values are in the range of the percentage of 86% -100%. 3) Awareness of students in praying Dluha are 90.1% showed very good category, because these values are in the range of the percentage of 86% - 100%. 4) Principals leadership success in forming the teachers personality  and arising students awareness in praying Dluha in the table above can be categorized Well once (86.6%).

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

oasis

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal OASIS adalah jurnal ilmiah kajian Islam dibawah pengelolaan program pascasarjana IAIN Syekh Nurjati, kehadirannya ditujukan sebagai wadah aktualisasi karya para akademisi maupun praktisi dengan fokus kajian terkait ilmu Pendidikan Islam, Manajemen Pendidikan Islam dan Psikologi Pendidikan ...