Kualitas pelayanan dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien,karena jika pasien merasa puas dengan kualitas pelayanan maka ia akan berkunjung kembali ke fasyankes dalam hal ini puskesmas. Pengukuran tingkat pemanfaatan fasilitas pelayanan kesehatan ditunjukkan dengan besarnya jumlah kunjungan pasien ke puskesmas tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terhadap jumlah kunjungan pasien di poli gigi Puskesmas Wara kota Palopo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif penelitian survei, dengan tipe explanatory research yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien dengan kunjungan pasien di poli gigi puskesmas Wara Kota.Populasi dalam penelitian ini yaitu pasien gigi yang berkunjung selama 3 bulan yaitu 1201 orang,sedangkan sampel hanya 80 orang,dengan menggunakan rumus slovin. Dari hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara kelima aspek kualitas pelayanan yaitu, wujud (tangible),kehandalan (reability),cepat tanggap (responsiveness),kepastian (assurance) dan empati (emphaty) terhadap kepuasan pasien dalam pelayanan di poli gigi dimana didapatkan nilai p = 0,000 Dari kelima aspek kualitas pelayanan,ada 3 aspek yang tingkat kepuasan pasien dalam penilaian baik yaitu wujud (tangible),cepat tanggap (responsiveness),kepastian (assurance).Sedangkan 2 aspek lainnya yaitu kehandalan (reability) dan empati (emphaty) dalam penilaian kurang baik bagi pasien. Adapun saran untuk penelitian ini sebaiknya semua pihak yang terkait dalam proses pelayanan lebih meningkatkan mutu pelayanan terhadap pasien,agar mereka merasa puas terhadap pelayanan yang mereka dapatkan di puskesmas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024