Proses pembelajaran tentunya memerlukan sarana dan prasarana guna mendukung pembelajaran yang lebih baik, salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran. Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, penggunaan media pembelajaran perlu disesuaikan dan diperhatikan lagi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbantuan iSpring Suite 11 pada mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi untuk kelas X, mengetahui kelayakan media yang dikembangkan, serta mengetahui respons peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Dalam penelitian ini model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE dengan tahapan analisis (analisis), desain (desain), pengembangan (pengembangan), implementasi (implementasi), dan evaluasi (evaluasi). Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dilakukan telah dan validasi terlebih dahulu oleh ahli materi, ahli bahasa, serta ahli media. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas pada 20 peserta didik kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri di Surabaya. Hasil validasi ahli diperoleh kriteria sangat layak dengan rata-rata presentase kelayakan untuk ahli materi sebesar 91,88%, presentase kelayakan untuk ahli bahasa sebesar 96,36%, serta presentase kelayakan untuk ahli media sebesar 94%. Sedangkan untuk respon peserta didik diperoleh kriteria sangat baik dengan presentase sebesar 97,98%. Dengan demikian diperoleh hasil akhir bahwa produk media pembelajaran interaktif berbantuan iSpring Suite 11 sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran dalam proses pembelajaran dengan rata-rata kelayakan ≥ 61%.Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, iSpring Suite 11 , Dasar-Dasar Akuntansi
Copyrights © 2024