Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi awardee beasiswa badan amil zakat nasional (BAZNAS) terhadap upaya kampanye inovatif program BAZNAS. Metode yang dipakai adalah studi survey yang ditujukan kepada para awardee, yang didominasi kalangan Milenial dan Gen Z. Responden yang diperoleh sebanyak 124 responden yang dinyatakan valid dan lengkap. Selain itu, studi ini menggunakan SemPLS untuk memvalidasi hipotesis dan mengevaluasi model. Hasil penelitian ini menemukan bahwa sikap ketertarikan (attitude behavior) para awardee berpengaruh terhadap niat mereka dalam mendukung program filantropi BAZNAS. Secara keseluruhan, temuan dari kelima hipotesis studi ini menunjukkan bahwa upaya para awardee, baik dalam perilaku sosial, kreativitas, inovasi, maupun peningkatan pendapatan, secara umum mendukung kegiatan kampanye sosial yang diselenggarakan oleh BAZNAS. Sejalan dengan hasil dan analisis, studi ini berimplikasi bahwa perlu terus adanya peningkatan peran para awardee dalam kampanye inovatif BAZNAS agar dapat meningkatkan efektivitas program flantropi melalui inovasi, kreasi, dan perilaku sosial mereka di tengah masyarakat.
Copyrights © 2024