Buku adalah jendela dunia. Melalui buku kita bisa mendapat banyak pengetahuan, sayangnya kebiasaan membaca di kalangan anak-anak mulai luntur. Apabila kebiasaan ini tergantikan, maka dapat menjadi kondisi yang sangat disayangkan. Perancangan ini ditujukan untuk membuat sebuah pengalaman bahwa membaca itu seru dan penting melalui sebuah buku cerita pop-up untuk anak-anak di usia 6-8 tahun. Salah satu keunggulan media pop-up adalah terdapat kejutan pada setiap membuka halaman buku. Melalui penggunaan media ini anak-anak diharapkan dapat memiliki pengalaman memasuki dunia yang mereka fantasikan saat membaca agar dapat mengeksplor dunia cerita lebih dalam dan penarasan untuk tetap membaca lagi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif untuk mengumpulkan data terkait konten yang menarik dan peningkatan minat baca untuk usia anak 6-8 tahun. Instrumen penelitian yang dituju adalah melalui wawancara, kuesioner, observasi, survei dan studi literatur terkait perancangan buku pop-up. Metode perancangan yang dilakukan adalah menggunakan tahap perencanaan, pra-produksi dan produksi.
Copyrights © 2024