Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media puzzle pizza berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap konsep dasar pecahan pada siswa kelas III SD 2 Megawon. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep dasar pecahan dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang kontekstual. Media puzzle pizza dipilih karena memiliki karakteristik yang sesuai dengan pendekatan PMRI dan dekat dengan keberadaan di lingkungan siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penggunaan media puzzle pizza dapat meningkatkan pengetahuan siswa terhadap konsep dasar pecahan dan mereka mampu mengaitkan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media puzzle pizza efektif digunakan sebagai pengantar materi pecahan, serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.
Copyrights © 2024