Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 9 No. 4 (2024): EDISI OKTOBER

PENGARUH PERSUASI RUTE PERIFERAL CELEBRITY ENDORSER BLACKPINK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MERCHENDISE STARBUCKS OLEH KONSUMEN

Nitisara, Farell Ramadhani (Unknown)
Pamungkas, Indra Novianto Adibayu (Unknown)
Pramesthi, Jasmine Alya (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Hadirnya fenomena Korean Wave telah menjadi peluang emas bagi banyak perusahaan di Indonesia, khususnya pada industri coffee shop, untuk meningkatkan aktivitas pemasaran produk. Starbucks menjadi salah satu coffee shop yang turut memanfaatkan popularitas Korean Wave tersebut dengan menggandeng Blackpink sebagai celebrity endorser produk mereka. Namun, peneliti menemukan kesenjangan bahwa penggunaan Blackpink sebagai endorser difokuskan pada produk sampingan berupa merchandise, bukan produk utama mereka. Dalam hal ini, konsumen memproses pesan persuasif mengenai produk merchandise Starbucks melalui rute periferal karena keterlibatan celebrity endorser merupakan syarat dari terjadinya persuasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persuasi rute periferal celebrity endorser Blackpink terhadap keputusan pembelian produk merchandise Starbucks. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner berupa Google Form secara online guna mengumpulkan data sebanyak 385 responden yang memenuhi kriteria sampel. Hasil dari uji t menunjukkan penerimaan pada H1, sedangkan dalam uji koefisien determinasi didapatkan nilai R square sebesar 0,673. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pengaruh persuasi rute periferal celebrity endorser Blackpink berpengaruh secara signifikan sebesar 67,3% terhadap keputusan pembelian produk merchandise oleh konsumen. Sedangkan, 32,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti persuasi rute sentral.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...