Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 10 No. 1 (2025): EDISI JANUARI

EDUKASI DAN LITERASI PRODUK KECANTIKAN DI TIKTOK: STUDI KASUS AKUN DOKTER DETEKTIF

Najela, Farah (Unknown)
Rahman, Izzatul Lutfiah (Unknown)
Nurdin, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Influencer media sosial memiliki peran signifikan dalam membentuk opini publik, termasuk dalam bidang edukasi produk kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran influencer dalam mengedukasi audiens dengan fokus pada akun TikTok "Dokter Detektif," yang dikenal mengulas produk skincare yang overclaim. Penelitian ini menggunakan teori 4C Media Sosial oleh Chris Heurer dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. pendekatan penelitian menggunakan teknik Analisis Isi Konten. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa "Dokter Detektif" berhasil memanfaatkan elemen teori Chris Heurer 4C Social Media (context, communication, collaboration, dan connection) untuk menyampaikan informasi secara menarik dan kredibel. Penelitian ini mampu mengungkapkan bahwa teori tersebut tidak hanya sebagai media promosi, melainkan juga sesuai sebagai media edukasi. Dengan penelitian ini influencer dapat mempelajari strategi yang pas dalam mengemas konten dan brand kecantikan dapat memahami influencer kredibilitas yang seperti apa yang dapat digandeng dalam melakukan promosinya. Kolaborasi dengan pakar medis dan public figure meningkatkan kepercayaan audiens terhadap konten yang disajikan. Namun, tantangan dalam menjaga konsistensi interaksi dan keberlanjutan unggahan menjadi perhatian utama dalam membangun hubungan dengan audiens.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...