Bharanomics
Vol. 5 No. 1: September 2024

Pengaruh Keunggulan Bersaing, Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja UMKM di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya

Nazarrudin, Alfian (Unknown)
Imamah, Nurul (Unknown)
Haryono (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi nasional karena selain berkontribusi meningkatkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja, juga berperan dalam mendistribusikan hasil-hasil pembangunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh keunggulan bersaing, inovasi produk dan orientasi pasar terhadap kinerja UMKM Di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh pelanggan produk UMKM di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya, yang berjumlah 96 orang. Pengujian data dilakukan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menguji hipotesis menggunakan uji F, uji t, dan analisis dominan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keunggulan bersaing, inovasi produk dan orientasi pasar berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap kinerja UMKM Di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Variabel keunggulan bersaing berpengaruh dominan terhadap kinerja UMKM Di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bharanomics

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Bharanomics berfokus pada isu-isu yang berkaitan dengan ekonomi secara luas, yang mencakup bidang: Ekonomi lokal dan regional, Ekonomi industri, Ekonomi pembangunan, Ekonomi ketenagakerjaan, Perdagangan internasional, Ekonomi moneter dan perbankan, Ekonomi kreatif, Ekonomi syariah, dan lain ...