Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi nasional karena selain berkontribusi meningkatkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja, juga berperan dalam mendistribusikan hasil-hasil pembangunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh keunggulan bersaing, inovasi produk dan orientasi pasar terhadap kinerja UMKM Di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh pelanggan produk UMKM di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya, yang berjumlah 96 orang. Pengujian data dilakukan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menguji hipotesis menggunakan uji F, uji t, dan analisis dominan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keunggulan bersaing, inovasi produk dan orientasi pasar berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap kinerja UMKM Di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Variabel keunggulan bersaing berpengaruh dominan terhadap kinerja UMKM Di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya.
Copyrights © 2024