Bharanomics
Vol. 5 No. 2: April 2025

Faktor yang Mempengaruhi E-Money Terhadap Minat Konsumsi pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya

Nugraha, M. Brigas Ajie (Unknown)
Haryono (Unknown)
Pudjowati, Juliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

E-money merupakan salah satu fasilitas untuk alat pembayaran selain uang tunai atau cash yang disahkan oleh Bank Indonesia. Penggunaan e-money dengan cara elektronik dan disimpan pada media kartu dengan chip ataupun server dan dapat dipindahkan untuk transaksi pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah literasi keuangan, penggunaan e-money, dan kontrol diri dapat mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa/mahasiswi Universitas Bhayangkara Surabaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Ekonomi Pembangunan. Penelitian ini menggunakan variabel independen variabel literasi keuangan (X1), variabel penggunaan e-money (X2), variabel kontrol diri (X3) dan variabel dependen perilaku konsumtif (Y). Menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-money memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perilaku konsumtif, ditujukkan variabel penggunaan e-money (X2) merupakan variabel yang paling dominan, Kehadiran uang elektronik menjadi salah satu cara untuk mendorong mahasiwa menjadi konsumtif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bharanomics

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Bharanomics berfokus pada isu-isu yang berkaitan dengan ekonomi secara luas, yang mencakup bidang: Ekonomi lokal dan regional, Ekonomi industri, Ekonomi pembangunan, Ekonomi ketenagakerjaan, Perdagangan internasional, Ekonomi moneter dan perbankan, Ekonomi kreatif, Ekonomi syariah, dan lain ...