Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2024): July

Media Pembelajaran E-Flash Card dalam Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Dengan Tema Diriku Sub Tema Anggota Tubuh Pada Anak Usia Dini

Juwitami, Ni Putu Cindy (Unknown)
Kristiantari, Maria Goreti Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Terbatasnya pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak membuat kosakata yang dimilikinya menjadi sedikit. Penggunaan media konkrit yang monoton juga membuat anak merasa kurang bersemangat saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, menganalisis hasil kelayakan dan mengetahui efektivitas e-flash card dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris dengan tema diriku sub tema anggota tubuh pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan teknik (uji-t) sample dependent. Banyak subjek pada penelitian ini adalah 30 orang anak. Hasil penelitian adalah: (1) validasi rancang bangun berdasarkan penilaian ahli rancang bangun 90,90%, (2) dalam pengembangannya, validitas media e-flash card berdasarkan penilaian ahli isi mata pelajaran 98,33%, ahli desain instruksionaal 90,63%, ahli media pembelajaran 92,18%, uji coba perorangan 93,33%, dan uji coba kelompok kecil 93,89%, (3) diperoleh thitung sebesar 10,322 dan diperoleh hasil ttabel sebesar 2,093, maka dari hasil analisis tersebut dapat dibandingkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel . Maka thitung = 10,322 > ttabel = 2,093 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-flash card layak dan efektif diterapkan dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris dengan tema diriku sub tema anggota tubuh pada anak usia dini.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMTP

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) is specifically publish journal articles in the field of innovation in education and teaching learning in the classroom especially learning at an early age level, primary education, to higher education. Therefore, the scope of JMTP includes: 1) ...