Penelitian dalam PTK bertujuan untuk meningkatkan hasil dalam pembelajaran tolak peluru melalui metode bagian. Penelitian ini dilaksanakan melalui perencanaan, pelaksanaan tindakan, pelaksanaan observasi, dan pelaksanaan refleksi. Penelitian ini diikuti 31 subjek yang terdiri dari 18 siswa perempuan, dan 13 siswa laki-laki. Pelaksannan hasil belajar ditemukan pada siklus pertama yaitu mencapai 54,80% aktivitas belajar siswa, kemudian meningkat sebesar 93,53% pada pembelajaran siklus kedua. Hal ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yang maksimal, sehingga berdasarkan observasi mencapai 70% siklus pertama dan meningkat pada 90% siklus kedua. Hal tersebut di tingkatkan lagi pada hasil aktivitas guru dalam proses belajar mengajar yaitu mencapai 63,64%, sehingga meningkat jadi 100% pada siklus kedua. Berdasarkan pada penelitian tindakan kelas bahwa pada proses pembelajaran menggunakan metode bagian dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru siswa.
Copyrights © 2024