Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2024): November 2024

Eksplorasi Etnomatematika Pada Ritual Berladang (Kudja Ma) Di Desa Bolou Kecamatan Sabu Timur Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika

Ly, Mercy Astrina (Unknown)
Dominikus, Wara Sabon (Unknown)
Nenohai, Juliana M. H. (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Matematika dan budaya adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan sehari-hari dan saling berkaitan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan matematika dalam budaya ritual Kudja Ma di Desa Bolou Kecamatan Sabu Timur serta menyusun perangkat pembelajaran untuk beberapa konsep matematika yang ditemukan. Penelitian ini dilakukan di Desa Bolou Kecamatan Sabu Timur, dengan informan sebanyak 4 orang. Jenis penelitiannya deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, yang berperan mengumpulkan data melalui metode yang ada. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Data diidentifikasi dan dianalisis menggunakan karakteristik-karakteristik etnomatematika dengan berlandaskan pada model Miles dan Huberman, kemudian dihubungkan dengan konsep matematika sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, ditemukan etnomatematika yang terkandung dalam ritual Kudja Ma berupa aktivitas. Dari aktivitas-aktivitas tersebut, maka dapat diidentifikasi konsep-konsep matematika didalamnya yang meliputi konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang, pengukuran dengan satuan tidak baku, geometri, pola bilangan, transformasi geometri, dan geometri bangun datar. Pada penelitian ini, perangkat pembelajaran bentuk geometri dan pola bilangan konsep perbandingan senilai dan dipilih untuk dirancang sebagai salah satu contoh perangkat pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fraktal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal ilmiah dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup ...