Nuris Journal of Education and Islamic Studies
Vol. 4 No. 2: July-December 2024

Elmoh Bharung Sebagai Transmisi Ilmu Tengka dalam sudut Pandang Pendidikan Islam

Qomaruddin, Qomaruddin (Unknown)
Maimun, Maimun (Unknown)
Listiana, Heni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ilmu bharung sebagai tranmisi ilmu tengka, Penelitian ini berangkat dari antusias masyarakat dalam menjujung tinggi ilmu tengka, dan paradigma masyarakat yang berkeyakinan bahwa Ilmu tengka merupakan yang tidak ada teorinya dan hanya bisa dipraktikkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena menggunakan manusia sebagai intrumen untuk menghasilkan data deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus yang bertempat di kecamatan Karangpenang Kabupaten Sampang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis komperatif antara praktik sosial dan Pendidikan islam melalui kaidah fiqih. Hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa Bharung menjadi tempat yang multi fungsi, seperti sarana untuk jual beli untuk memenuhi kebutuhan dan berinteraksi sosial sekalipun berpotensi adanya ghibah tetapi juga menjadi sarana untuk menggali informasi dan pembelajaran ilmu tengka Kata Kunci: Elmoh Bharung, Tranmisi, Ilmu Tengka dan Pendidikan Islam

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeis

Publisher

Subject

Description

Nuris Journal of Education and Islamic Studies is open access and peer-reviewed journal, published by STAI Nurul Islam Mojokerto, Indonesia to disseminate research results from scientists and practitioners in Education and Islamic Studies fields. DOI : https://doi.org/10.52620/jeis ISSN 2776-2653 ...