Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Indikator manakah yang paling dominan pada variabel persepsi harga, brand image dan kepuasan pelanggan. 2. Pengaruh Persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan. 3. Pengaruh Citra Merek terhadap kepuasan pelanggan. 4. Pengaruh Persepsi harga dan Citra Merek secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Swalayan Budiman Cabang Pondok. Populasi dalam penelitian ini adalan pelanggan Swalayan Budiman Cabang Pondok pada tahun 2020 sebanyak 23.932 orang. Sampel penelitian menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 orang Pelanggan. Data penelitian menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada Pelanggan Swalayan Budiman Cabang Pondok. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis t dan f. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1. Variabel Persepsi Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelangggan. 2. Variabel Citra Merek (Brand image) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelangggan. 3. Variabel persepsi harga dan brand image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan 4. Kontribusi persepsi harga dan Citra Merek (Brand image) terhadap Kepuasan Pelangggan sebesar 63,7% sedangkan sisanya 36,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Copyrights © 2024