Journal of Governance and Public Administration
Vol. 2 No. 1 (2024): Desember

ANALISIS KEPUASAN PADA PARKING AREA : PERSPEKTIF MAHASISWA UNIVERSITAS TIDAR

Rahmawati, Nafa Dwi (Unknown)
Barawinsa Atmaja, M. Afrel (Unknown)
Sulistyorini, Nur Baiti (Unknown)
Neysa, Rahma (Unknown)
Zufar, Ivan Rizki (Unknown)
Tri Nugraha, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

                   Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa Universitas Tidar Kampus Tuguran terhadap fasilitas area parkir yang tersedia. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang dialami mahasiswa saat menggunakan area parkir serta mengevaluasi faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan mahasiswa terhadap area parkir tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 50 responden dari kalangan mahasiswa Universitas Tidar Kampus Tuguran. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi faktual dan opini dari responden. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan statistik untuk mengidentifikasi pola dan hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa terhadap area parkir Kampus Tuguran berada pada skala 3 (40,8%) dengan jumlah 20 responden, diikuti skala 2 (32,7%) dengan 16 responden, dan skala 1 (20,4%) dengan 10 responden. Kendala utama yang dihadapi mahasiswa saat parkir adalah area parkir yang padat (75,5%), kerusakan kendaraan akibat ulah pengendara lain (12,2%), serta kendaraan yang parkir sembarangan (10,2%). Sebanyak 62% mahasiswa menggunakan area parkir Kampus Tuguran dengan frekuensi tinggi (skala 5). Mayoritas kendaraan yang diparkir adalah motor (96,0%). Sebanyak 90% responden merasa aman saat parkir, meskipun 58% merasa fasilitas keamanan, seperti CCTV, masih perlu ditingkatkan. Selain itu, 68% responden merasa kesulitan menemukan tempat parkir yang tersedia. Penilaian terhadap ketersediaan lahan parkir menunjukkan bahwa 36% responden memberikan skala 1, diikuti 34% pada skala 2, dan 22% pada skala 3. Kepuasan terhadap kebersihan area parkir menunjukkan bahwa 62% responden merasa cukup puas. Faktor utama yang memengaruhi kepuasan mahasiswa adalah keamanan parkiran (34%), letak parkir yang strategis (24%), dan ketersediaan tempat parkir yang cukup (18%). Simpulan, bahwa tingkat kepuasan mahasiswa terhadap area parkir Universitas Tidar Kampus Tuguran cenderung rendah. Hal ini disebabkan oleh luas lahan parkir yang tidak sebanding dengan jumlah kendaraan mahasiswa, sehingga menyebabkan kepadatan dan risiko kerusakan kendaraan. Responden berharap pihak pengelola parkiran dapat memperluas area parkir dan meningkatkan fasilitas keamanan seperti pemasangan CCTV agar dapat menciptakan lingkungan parkir yang lebih aman dan nyaman. Kata Kunci : Kepuasan, Area Parkir, Fasilitas                                     

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jogapa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal of Governance and Public Administration (JoGaPA) is a national journal as a medium of scientific research results, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of public administration and governance, particularly focusing on the main problems in the development of the ...