J-AKSI : JURNAL AKUNTANSI DAN SISTEM INFORMASI
Vol 5 No 3 (2024): Edisi Oktober 2024

PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DANL OPINION LSHOPPING TERHADAP ASUMSI GOINGL CONCERN

Ginanjar, Yogi (Unknown)
Rahmayani, Melia Wida (Unknown)
Nurmalasari, Risma (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Akibat munculnya Covid-19 menyebabkan beberapa perusahaan maskapai mengalami kerugian secaraterus menerus karena pembatasan perjalanan, sehingga perusahaanl mengalami lpenurunanpendapatan dalalm beberapa periode ylang mengakibatkan kelangsungan hidup perusahaan tersebutterancam. Penelitialn lini bertujuan untluk mengetahui pelngaruh Kepemiliklan Manajerial dlan OpinionShopping tlerhadap Asumsi Goinlg Colncern. Metodle penelitian ylang digunlakan dalam penelitianl iniadalahl kuantitatif dengan analisis dekriptif danl veriflikatif. Popullasi dalam plenelitian inil aldalahPerusahaan Transportasi danl Logistik yanlg terdlaftar di Bursla Efek Inldonesia lPeriode 2018-2022.Teknikl pengamlbilan sampel menlggunakan nonprobability sampling dengan metodle purplosivesamplingl dan menglhasilkan 10 Peruslahaan Transportasi dan Logistik dengan periodle pengamatanselalma 5 tlahun, sehingga data lyang dipelroleh berjumlah 50. Model estimasi terpilih yang digunakandalam penelitilan ini ladalah random effect. Telknik analisis data lyang digunakanl adalah analisis lregresilogisltik dlengan bantuan software Eviews 13. Ujli hipotesisl dalam lpenelitian inli menggunakan uji z-Statistic (uji parsial). Berdasarkan hasill penelitianl menunjukkan blahwa secara plarsial KepelmilikanManajelrial blerpengaruh lterhadap Asumsi Goilng Concern danl Opinion Shoplping berpengarulhterhadapl Asumsi Goingl lConcern.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jaksi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Akuntansi dan Sistem Informasi (J-AKSI) diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka secara berkala (setiap enam bulan) dengan edisi terbit bulan Februari dan Agustus. Tujuan jurnal ini adalah untuk mempublikasikan hasil riset Akuntansi dan ...