Penelitian ini membahas suatu fenomena mengenai interaksi dan komunikasi sosial antara guru dan siswa di MTs. Miftahul Ulum Desa Jarin Kabupaten Pamekasan, dengan menekankan urgensinya dalam pembentukan karakter Islami. Interaksi dan komunikasi sosial yang positif di lingkungan pendidikan berperan penting dalam internalisasi nilai-nilai agama, sehingga menjadi fokus utama penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dinamika interaksi sosial antara guru dan siswa serta bagaimana interaksi tersebut berkontribusi terhadap pembentukan karakter Islami pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi dan komunikasi sosial yang inklusif dan kolaboratif antara guru dan siswa secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dan memperkuat nilai-nilai keislaman yang diinternalisasi. Bentuk komunikasi yang dilakukan antara siswa dan guru dilakukan tidak hanya mengandalkan komunikasi verbal tetapi juga melibatkan simbol-simbol dan bahasa tubuh yang digunakan dalam interaksi sehari-hari. Guru sebagai agen perubahan sering kali menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sopan serta memberikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa di sekolah. Selain itu, temuan ini mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam interaksi sosial dan menekankan pentingnya peran guru serta keterlibatan orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pembentukan karakter Islami siswa.
Copyrights © 2023