Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2024): JIPMP

Bimbingan dan Pelatihan dalam Pengembangan Modul Digital Berbasis Website untuk Guru-Guru PAUD di Kota Lubuklinggau

Yohana Satinem, Agus Susilo, Rani Okta F (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin canggih dan mampu memudahkan setiap kegiatan didunia pendidikan. Bahan ajar atau modul ajar yang digunakan pada jenjang pendidikan PAUD juga harus berinovasi terhadap teknologi masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil bimbingan serta pelatihan dalam pengembangan modul digital berbasis website bagi guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Lubuklinggau. Kegiatan ini dilakukan sebagai respon terhadap kebutuhan peningkatan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan dan pelatihan yang diberikan mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan modul digital. Guru-guru yang terlibat menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan mendesain, menyusun, dan mengimplementasikan modul digital yang interaktif dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di PAUD. Sekolah PAUD di Kota Lubuklinggau menyadari betapa pentingnya untuk berinovasi terhadap perkembangan zaman. Maka adanya kegiatan ini sangat membantu sekali bagi mitra yaitu Guru PAUD di Kota Lubuklinggau dalam menghadapi tantangan zaman. Tantangan yang dihadapi selama proses pelatihan antara lain adalah keterbatasan waktu dan akses terhadap teknologi. Namun, melalui pendekatan partisipatif dan kolaboratif, tantangan-tantangan tersebut berhasil diatasi, dan guru- guru merasa lebih siap untuk menerapkan modul digital dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bimbingan dan pelatihan yang tepat dapat memberdayakan guru PAUD untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dalam pembelajaran, sehingga mendukung peningkatan kualitas pendidikan di tingkat dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalinovasi

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

JURNAL INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT PENDIDIKAN ADDITIONAL MENU EDITORIAL TEAM PEER REVIEWER PEER REVIEW PROCESS PUBLICATION ETHICS FOCUS AND SCOPE AUTHOR GUIDELINES OPEN ACESS POLICY COPYRIGHT NOTICE ONLINE SUBMISSION TEMPLATE Hasil gambar untuk template icon VISITORS StatCounter - Free Web Tracker ...