Jurnal INSYPRO (Information System and Processing)
Vol 9 No 2 (2024)

Desain Model Pembelajaran SAVAR (Substitution, Augmentation, Virtual Learning, Apply, Re-evaluation) Berbasis Augmented Reality

Syafar, A. Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Model pembelajaran SAVAR (Substitution, Augmentation, Virtual Learning, Apply, Re-evaluation) berbasis Augmented Reality (AR) merupakan inovasi dalam bidang pendidikan yang bertujuan meningkatkan hasil belajar melalui pendekatan interaktif dan teknologi canggih. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan model SAVAR yang mengintegrasikan AR dalam proses pembelajaran untuk mendukung pemahaman konsep secara mendalam dan meningkatkan motivasi belajar. Model ini terdiri dari lima tahap utama: Substitution (penggantian metode konvensional dengan AR), Augmentation (peningkatan visualisasi konten), Virtual Learning (simulasi dalam lingkungan AR), Apply (penerapan konsep dalam konteks praktis), dan Re-evaluation (evaluasi ulang untuk mengukur pemahaman peserta didik). Studi ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan uji eksrimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SAVAR berbasis AR berperan signifikan dalam meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep, serta hasil belajar secara keseluruhan. Dengan hasil yang positif, model ini memiliki potensi besar untuk diimplementasikan secara luas sebagai strategi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital di era modern. Kata Kunci: Model SAVAR, Augmented Reality, Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar, Teknologi Pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

insypro

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Insypro adalah jurnal yang bergerak di bidang Sistem Informasi, hadir untuk diharapkan mampu mengembangkan riset pada bidang sistem informasi di Indonesia dan dunia internasional secara ...