Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
Vol 33, No 2 (2023)

HUBUNGAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEJURUAN DI JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA SMK BRANTAS KARANGKATES

Islam, Fandy Ahmad Nurul (Unknown)
Elmunsyah, Hakkun (Unknown)
Al Idrus, Shofiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan satuan pendidikan yang pada saat ini sedang dikembangkan secara merata oleh pemerintah. Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Peneliti memilih mata pelajaran kejuruan dikarenakan mata pelajaran kejuruan sebagai mata pelajaran utama sebagai penunjang untuk menjadikan lulusan SMK menjadi lulusan yang dapat bersaing di dunia kerja. Pada era pandemi yang terjadi saat ini mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online, salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pandemi adalah blended learning. Blended learning yang digunakan adalah flipped classroom. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh antara proses pembelajaran, sarana prasarana, dan media pembelajaran terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linier ganda. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh antara proses pembelajaran dengan hasil belajar; (2) tidak terdapat pengaruh antara sarana prasarana pembelajaran terhadap hasil belajar; (3) terdapat pengaruh positif antara media pembelajaran dengan hasil belajar; dan (4) secara simultan tidak terdapat pengaruh secara antara proses belajar, sarana prasarana, dan media pembelajaran terhadap hasil belajar. Hasil penelitian tersebut menunjukkan perlu adanya perhatian khusus pada media pembelajaran karena dalam pembelajaran blended learning dengan flipped classroom, siswa harus dapat mempelajari materi secara mandiri terlebih dahulu sebelum masuk di kelas untuk menguasai teori lalu akan dipraktikkan melalui pembelajaran tatap muka

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tekno

Publisher

Subject

Engineering

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are ...