Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media game edukasi berbasis wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian menggunakan eksperimen True- Eksperimental dengan desain Posttest-Only control. Populasi peneitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 100 palembang. Sampel yang digunakan yaitu kelas eksperimen IV.A dan kelas kontrol IV.B yang dipilih secara acak kelas. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2024 semester genap. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang sudah memenuhi kelayakan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest kelas Eksperimen 81,77 dan kelas kontrol 67,88 yang menunjukan adanya selisih antara kedua kelas tersebut. Berdasarkan dari hasil uji coba hipotesis independent sample t-test didapatkan nilai signifikansi 0,000 < α (α = 0,05) dengan demikian Ho ditolak hal tersebut dapat membuktikan bahwa media game edukasi berbasis Wordwall dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN 100 Palembang
Copyrights © 2024