Banyaknya pengguna internet menjadi strategi bagi UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas, melakukan pemasaran efektif dengan biaya rendah, berinteraksi langsung dengan pelanggan, mengumpulkan data analitik, membangun kepercayaan, dan tetap inovatif serta adaptif terhadap tren industri terutama untuk meningkatkan brand awareness. Tetapi banyak UMKM yang kesulitan untuk melakukan promosi digital salah satu hambatan utamanya yaitu kurangnya pembiayaan dan kurangnya pelatihan digital. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan akun Google Bisnis dan Instagram Bisnis dalam membangun Brand awareness pada UMKM Batagor Family Cipanas (BAFACI) untuk meningkatkan pengetahuan pemilik BAFACI tentang cara efektif menggunakan platform digital untuk promosi serta meminimalkan biaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Mix Methods Sequential Exploratory dengan urutan penelitian kualitatif terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif untuk menilai pengaruh penerapan akun Google Bisnis dan Instagram Bisnis terhadap Brand awareness. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan akun Google Bisnis sangat efektif dan efisien bagi UMKM dalam membangun Brand awareness. Hasil uji t Parsial akun Google Bisnis dan Instagram Bisnis berpengaruh secara postif dan signifikan terhadap Brand awareness secara parsial. Secara simultan, penerapan Google Bisnis dan Instagram Bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand awareness, dengan hasil uji F menunjukkan nilai F hitung sebesar 149,607 lebih besar dari f tabel 3,016 dan nilai signifikan 0,00 lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh Google Bisnis dan Instagram Bisnis terhadap Brand awareness adalah sebesar 84%, sementara 16% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2024