Spandiv Digital Solutions merupakan sebuah startup yang bergerak dibidang creative dan digital agency dengan produknya berupa jasa dan produk digital. Yang memiliki beberapa client salah satunya, PT. Global Furnika Mandiri yaitu sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur furniture, interior, dan contractor. Adapun beberapa client ternama di luar negeri seperti, Bvlgari Hotel, Aston Hotel Group, Accor Hotel Group, dan Singapore Airlines Hotel. Perusahaan tersebut telah memiliki e-commerce dan beberapa platform penjualan online lainnya untuk menawarkan berbagai manufaktur yang tersedia. Adanya informasi yang kurang spesifik pada e-commerce menyebabkan konsumen tidak memperoleh informasi sesuai preferensi mereka. Oleh karena itu perlu dikembangkannya sistem rekomendasi yang dapat memudahkan para konsumen dalam pemilihan produk furniture sesuai dengan preferensi mereka. Tujuan dari penelitian ini untuk menerapkan pemodelan Content-Based Filtering pada Sistem Rekomendasi Pemilihan Produk Furniture guna meningkatkan kualitas kenyamanan terhadap pemilihan pengguna, meningkatkan retensi pelanggan, dan meningkatkan konversi penjualan pada perusahaan. Dalam sistem rekomendasi ini terdapat beberapa atribut untuk produk furniture diantaranya nama produk, material, warna, dan harga. Hasil dari penelitian ini akan terdapat 22 data sampel yang menghasilkan 15 rekomendasi produk furniture berdasarkan hasil pengolahan nilai similarity tertinggi antara keywords pada item representation dan user profile.
Copyrights © 2025