Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan pelanggan pada Swalayan Aneka Buana Pondok Labu Jakarta Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasinya adalah 12.347 konsumen, pengambilan sampel dapat menggunakan rumus slovin, maka sampel adalah seluruh karyawan yang berjumlah 99 konsumen. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisien korelasi ganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil Penelitian ini menggunakan spss versi 24 dan menunjukkan bahwa pengaruh kualitas (X1) dan harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan persamaan regresi Y = 13,508 + 0,381 X1 + 0,373 X2. Nilai koefisien korelasi atau tingkat pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat diperoleh sebesar 0,774 artinya variabel kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) mempunyai tingkat hubungan yang sangat kuat terhadap kepuasan pelanggan (Y). Nilai koefisien determinasi atau kontribusi pengaruh secara simultan sebesar 0,599 atau sebesar 59,9% sedangkan sisanya sebesar 40,1 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji hipotesis secara parsial diperoleh kualitas pelayanan dengan nilai positif thitung > ttabel atau (5,251 > 1,984) maka H1 diterima dan H0 ditolak, dapat dinyatakan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Uji hipotesis secara parsial diperoleh harga dengan nilai positif thitung > ttabel atau (6,616 > 1,984) maka H2 diterima dan H0 ditolak, dapat dinyatakan bahwa Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Hasil uji hipotesis F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (71,567 > 2,70). Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai signifikan 0,000 > 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan harga secara bersama- sama atau simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024