Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada klinik NDH dental care jakarta selatan, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen pada klinik NDH dental care jakarta selatan, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada klinik NDH dental care jakarta selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian sejumlah 95 respomden dan teknik pengambilan sampel probability sampling, serta teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah uji instrument data, uji asumsiklasik, uji regresi linier sederhanay dan berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Hasil penelitan menunjukkan bahwa, kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan diperoleh persamaan regresi Y = 1.816 + 0.492 X1 + 0.533 X2. Nilai korelasi sebesar 0.892 artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 79,7% sedangkan sisanya sebesar 20,3% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (180,092 > 31,0). Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan secara simultan kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada klinik NDH Dental Care Jakarta Selatan.
Copyrights © 2024