Pada era pesta demokrasi buzzer dianggap menjadi keharusan bahkan di dunia politik, buzzer ikut berperan dalam menggiring opini publik di media sosial melalui unggahannya. Unggahan buzzer politik di media sosial X menjadi berbahaya ketika dibuat untuk menyebarkan hoax, melebih-lebihkan, fitnah, dan hatespeech yang berpotensi membuat perpecahan di tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisa peran buzzer politik Ganjar – Mahfud dalam pembentukan opini publik di media sosial X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi virtual. Subjek penelitian adalah buzzer Ganjar-Mahfud. Objek penelitiannya adalah unggahan gambar, komentar, thread, repost terkait pembentukan opini publik yang dibuat buzzer pada Januari 2024. Temuan penelitian adalah: peran buzzer Ganjar-Mahfud tidak dapat dipisahkan dari: (1) mem-viralkan tagar atau kata kunci agar masuk ke dalam trending topik X guna mendapatkan perhatian nitizen: (2) kampanye terbagi menjadi tiga tipe, yaitu kampanye positif (positive campaign), kampanye negatif (negative campaign), dan kampanye hitam (black campaign); (3) buzzer Ganjar-Mahfud berperan dalam pembentukan opini publik bagi pengguna media sosial X.
Copyrights © 2024