Pendidikan karakter menjadi salah satu aspek penting dalam pengembangan moral dan etika siswa di era globalisasi. Artikel ini mengkaji potensi kearifan lokal Kabupaten Kerinci dalam pembelajaran karakter melalui pendekatan humanistik. Dengan mengedepankan nilai-nilai budaya yang kaya, seperti kebersamaan, gotong royong, dan penghormatan terhadap lingkungan, penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana integrasi kearifan lokal dapat memperkuat identitas budaya siswa sekaligus meningkatkan efektivitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka, dengan menganalisis literatur yang relevan terkait pendidikan karakter dan kearifan lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai lokal dalam pendidikan karakter tidak hanya membantu siswa memahami dan menghargai budaya mereka, tetapi juga membangun sikap empati, disiplin, dan tanggung jawab sosial. Abstract Character education is one of the important aspects in the development of students' morals and ethics in the era of globalization. This article examines the potential of local wisdom in Kerinci Regency in character learning through a humanistic approach. By prioritizing rich cultural values, such as togetherness, cooperation, and respect for the environment, this research aims to explore how the integration of local wisdom can strengthen students' cultural identity while increasing learning effectiveness. The method used in this study is a literature review, by analyzing relevant literature related to character education and local wisdom. The results of the study show that the application of local values in character education not only helps students understand and appreciate their culture, but also builds attitudes of empathy, discipline, and social responsibility.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023