juremi: jurnal riset ekonomi
Vol. 3 No. 3: Nopember 2023

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG MALANG

Septiana Sawitri Dewi (Unknown)
Erlin Iriani (Unknown)
Samsul Huda (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2023

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan fungsi dari Persepsi terhadap kinerja dan harapan. Jika kinerja lebih rendah dari harapan, maka akan menyebabkan pelanggan menjadi tidak puas, sebaliknya jika kinerja sama dengan harapan, maka pelanggan akan puas dan jika kinerja lebih baik dari apa yang diharapkan maka pelanggan akan sangat puas. BRI sebagai salah Lembaga Keuangan apakah telah melaksanakan kualitas pelayanan yaitu keandalan, daya tangkap, keyakinan, empati dan berwujud dan manakah dari kelima dimensi tersebut paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Dari penelitian dengan menggunakan dua variabel yaitu terikat kepuasan nasabah (Y),  dan varabel bebas terdiri dari variabel keandalan (X1), daya tanggap (X2), keyakinan (X3), empati(X4) dan berwujud (X5). Berdasarkan uji parsial didapatkan hasil dimana keandalan, daya tanggap, empati, berwujud berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Malang sementara keyakinan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan uji smultan didapatkan hasil dimana semua variabel bebas keandalan, daya tanggap, keyakinan, empati, berwujud berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Malang

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Juremi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Juremi: Jurnal Riset Ekonomi is a research base journal published by Bajang Institute. The journal published six times per year. This journal started publishes since 2021 In the following year of publication, the journal is going to publish trianually. Any interested author could submit the ...