Menurut Diklat Perkerasan Kaku (2017) Perkerasan kaku merupakan konstruksi perkerasan dengan bahan baku agregat dan menggunakan semen sebagai bahan pengikatnya, sehingga dikenal dan disebut sebagai perkerasan kaku atau Rigid Pavement.Tanah merupakan komponen utama lapis pondasi bawah dari struktur perkerasan jalan raya yang memiliki karakteristik dan perilaku yang berbeda -beda. Untuk mengetahui perilaku lapisan rigid pavement dan tanah dasar dengan parameter yang berbeda-beda sudah tersedia beberapa program bantu dan salah satu nya adalah plaxis. Metode analisis yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan software plaxis. PLAXIS menyajikan beberapa permodelan untuk mensimulasikan beberapa tingkah laku dari tanah. Dalam penelitian ini menggunakan permodelan Mohr-Coulomb. Dari hasil perhitungan analisa dapat dilihat nilai output deformasi dan safety factor pada plaxis dan perhitungan manual yang dimana menjadi perbandingan seberapa besar perbedaan dari dua metode penelitian tersebut.
Copyrights © 2024