Jurnal Dakwah dan Komunikasi
Vol. 9 No. 2 (2024)

Relasi Kuasa dan Dinamika Isi Media: Studi Ekonomi Politik Media di Group MNC pada Pemberitaan Hak Angket di Inews TV

Rizqi Monarshi, Evri (Unknown)
Sendi Ramadhan (Unknown)
Dimas Firli Maulana (Unknown)
Sitti Romlah (Unknown)
Gun Gun Heryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan pendekatan ekonomi politik yang digunakan dalam studi media massa, maka ada tiga konsep, yaitu komodifikasi (commodification), spasialisasi (spatialization), dan strukturisasi (structuration). Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah social conflict atau fasih dikenal dengan nama paradigma kritis dan menggunakan metode kualitatif, dengan sumber primer wawancara dan sumber sekunder dari dokumen-dokumen atau siaran berita tentang hak angket dari Inews TV. Dengan teori ekonomi politik media dari Vincent Mosco yakni, komodifikasi, spasialisasi, dan strukturasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk media yang dihasilkan Inews TV dikomodifikasi melalui isi dan kontennya. Inews TV melakukan spasialisasi horizontal dengan kekuatan dalam memproduksi media melalui perusahaan-perusahaan yang tidak sejalur. Hal ini dapat dilihat dari struktur bisnis Media Nusantara Citra ke bisnis lain dapat dilihat seperti MNC Vision Networks, MNC Financial Services, MNC Land, MNC Energy Investments. Serta spasialisasi vertikal dimana MNC dapat memproduksi satu konten yang sama, hal ini terkait pemberitaan hak angket yang dapat ditayangkan di beberapa media milik Media Nusantara Citra, Inews TV dan Sindo TV. Terdapat keterkaitan yang kuat bahwa pemilik perusahaan memiliki peran yang kuat dalam proses produksi suatu berita.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JDK

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Dakwah dan Komunikasi is a scientific journal published by IAIN Curup. This journal specializes in the study of dakwah and communication. The managers invite scientists, scholars, professionals, and researchers in the disciplines of Dakwah and Communications to publish their research results ...