Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 9, No 9: SEPTEMBER 2024

APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL TO SCIENCE LEARNING MATERIALS FIFTH GRADE STUDENT IN THE 2013 CURRICULUM

Feri, Muhammad (Unknown)
Rokhimawan, Mohamad Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V pada kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design yang hampir sama dengan Pretest-posttest Control Group Design namun pada bentuk ini kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 25 Langki yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu 10 orang kelas eksperimen dan 10 orang kelas kontrol. Instrumen pembelajaran berupa RPP yang menerapkan model PBL, sedangkan hasil belajar diperoleh dengan Instrumen soal sebanyak 10 buah soal pilihan ganda dan 5 soal isian. Hasil penelitian menunjukan perolehan nilai sig 2-tailed sebesar 0,004  pada posttest siswa. Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan maka nilai sig 2-tailed sebesar 0,004 lebih kecil dari 0,05. Maka disimpulkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menerapkan model konvensional.Basic

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...