Kesibukan mahasiswa dalam berkegiatan menyebabkan mahasiswa tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan makanan sendiri sehingga mereka memilih opsi yang lebih praktis. Namun, untuk mendapatkan makanan yang praktis tersebut perlu adanya pengorbanan pada biaya, berupa anggaran dan harga. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan variabel anggaran dan harga terhadap preferensi konsumen kepada produk Kentucky Fried Chicken (KFC). Data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dari Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2022 dan 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner campuran (terbuka dan tertutup). Hasil dari penelitian ini menggambarkan secara nyata bahwa anggaran dan harga berpengaruh terhadap preferensi konsumen khususnya mahasiswa yang mengkonsumsi Kentucky Fried Chicken (KFC). Keterbatasan pada anggaran dan harga seringkali mendorong mahasiswa untuk mencari alternatif yang lebih ekonomis dalam memenuhi kebutuhan makanan mereka. Maka dari itu, perlu adanya penyesuaian terhadap penentuan harga produk dengan anggaran mahasiswa agar menjadi langkah yang efektif dan efisien bagi Kentucky Fried Chicken (KFC) dalam mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar mereka di kalangan mahasiswa.
Copyrights © 2024