Jurnal Ekonomika dan Manajemen
Vol 13, No 2 (2024)

LITERASI KEUANGAN DAN PERILAKU KONSUMTIF: ANALISIS LITERASI KEUANGAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI KALANGAN MAHASISWA

Roin, Dzi Annur (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ilham, Muhammad Nazril (Universitas Pendidikan Indonesia)
Firmansyah, Reinata Luciana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Aviani, Ridha (Universitas Pendidikan Indonesia)
Firmansyah, Buyung (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif dalam pengambilan keputusan di kalangan mahasiswa Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia. Dalam upaya mengungkap hubungan tersebut, penelitian ini menggunakan metodologi survei yang diikuti oleh analisis regresi linear berganda untuk mengolah data yang diperoleh dari 96 responden mahasiswa. Pengukuran variabel literasi keuangan dan perilaku konsumtif dilakukan melalui pengisian kuesioner yang menggunakan skala Likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi keuangan mempunyai kontribusi sebesar 38% terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang menunjukkan bahwa semakin tinggi literasi keuangan, semakin terkendali perilaku konsumtif mahasiswa tersebut. Selain itu, sebesar 62% perilaku konsumtif dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam model penelitian ini, yang mungkin mencakup faktor psikologis, pengaruh sosial, dan kondisi ekonomi keluarga. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kebijakan di universitas dan lembaga pendidikan lainnya. Terutama terdapat kebutuhan untuk mengintegrasikan program literasi keuangan yang lebih komprehensif ke dalam kurikulum pendidikan tinggi. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya dilengkapi dengan pengetahuan akademis tetapi juga dengan kemampuan manajemen keuangan yang baik sehingga dapat membantu mereka membuat keputusan konsumtif yang lebih bijak. Penelitian ini juga menyarankan adanya penelitian lebih lanjut yang melibatkan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap dan mendalam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ema

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning ...