Social Pedagogy: Journal of Social Science Education
Vol. 5 No. 2 (2024): Social Pedagogy: Journal of Social Science Education

Dampak dan Pencegahan Perundungan (Bullying) di Lembaga Pendidikan Indonesia

Lestari, Riska Dwi (Unknown)
Muhammad Saiful Kowi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Bentuk perbuatan perundungan (bullying) masih marak terjadi dan masih dianggap sepele di berbagai tempat, terutama lembaga pendidikan. Dampak yang ditimbulkan akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan psikis korban. Berbagai upaya atau pencegahan harus segera dikerahkan oleh pihak pemangku kepentingan agar kondisi anak-anak lebih aman dan terjaga. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan terkait banyaknya kasus perundungan yang ada di Indonesia untuk mengetahui dampak dan pencegahan dari perundungan (bullying) di lembaga pendidikan. Metode yang digunakannya adalah deskriptif kualitatif dengan desk study yang merujuk pada penyelidikan dan informasi yang telah dikumpulkan dengan data yang sifatnya sekunder serta menggunakan literatur review. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwasanya perundungan (bullying) merupakan bentuk perbuatan negatif berupa perbuatan agresif yang mengintimidasi, menindas serta pengucilan terhadap korban yang mana dapat dilakukan seseorang secara sengaja tanpa memandang dari gender ataupun usia. Bullying sendiri berkaitan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Salah satunya berdampak negatif pada pembelajaran anak-anak. Karena dapat mengurangi motivasi dan konsentrasi peserta didik yang dapat menghambat pemahaman mater. Peserta didik yang menjadi korban bullying sering mengalami gangguan psikologis seperti kecemasan dan depresi, yang lebih lanjut mempengaruhi hasil belajar mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

social-pedagogy

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Scope Artikel yang akan dipublikasikan merupakan hasil penelitian dan pengembangan yang di lakukan oleh dosen, guru, dan mahasiswa dalam bidang: Studi Sosial/ Pendidikan IPS Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Kajian Pendidikan Sejarah Kajian Pendidikan Ekonomi Kajian Pendidikan Geografi Kajian ...