Abstrak. Kepercayaan diri anak adalah suatu sikap positif memandang kemampuan diri, tenang, merasa mampu menyesuaikan diri dan mengaktualisasikan diri. Rasa percaya diri sangat penting untuk motivasi anak dalam pembelajaran, ini berhubungan dengan persepsi terhadap efeksi diri yang menentukan cara seseorang berfikir, merasakan, dan berperilaku, kepercayaan diri akan membawa sukses dan sebaliknya. Adapun faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri anak adalah faktor internal individu itu sendiri, norma, dan pengalaman, keluarga, tradisi, kebiasaan dalam lingkungan sosial atau kelompok dimana keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode gerak dan lagu dalam meningkatkan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di TK Miftahul Ilmi Menrong di desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja. Jenis penelitian ini yaitu penelitian studi kasus dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung dan metode wawancara. Berdasarkan data yang diperoleh penerapan metode gerak dan lagu dapat meningkatkan percaya diri anak. Dalam melaksanakan kegiatan bernyanyi di lakukan dengan teknik pengajaran secara berulang-ulang, kegiatan bernyanyi secara bertahap dan berkelompok, adanya kepercayaan dan kedekatan antara guru dan anak, dan pemberian reward kepada anak. Sehingga penerapan metode bernyanyi terbukti dapat menumbuhkan kepercayaan diri anak seperti sudah berani bernyanyi di depan kelas, tidak takut dan malu lagi pada saat di tunjuk oleh guru untuk bernyanyi, anak terlihat bebas berekspresi pada saat bernyanyi. Kata kunci : gerak dan lagu, kepercayaan diri anak
Copyrights © 2024