Salah satu teknologi di era milenium ini yaitu handphone berkembang pesat, kita bisa mencari informasi apapun dengan menggunakan teknologi ini, khususnya di bidang pendidikan. Namun, ketika anak-anak terlalu terlibat dalam dunia gadget, mereka melupakan kebutuhan dasarnya yaitu pembelajaran dan sosialisasi yang tepat dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengenali pola asuh yang efektif dalam membatasi penggunaan gawai oleh anak untuk mendukung perkembangan sosial dan emosional mereka, serta mengevaluasi dampak dari penggunaan gawai yang berlebihan terhadap perkembangan anak, termasuk aspek akademis, sosial, dan kesehatan mental. Artikel ini adalah hasil dari analisis literatur tentang subjek yang sedang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan anak hanya memakai gawai untuk bermain game dan menonton film kartun yang seharusnya dapat dijadikan sebagai sumber pendidikan bagi anak. Meskipun terdapat dampak positif, diperlukan pengawasan orang tua untuk memantau aktivitas anak untuk memakain gawai setiap hari untuk meminimalisir aspek negatif dari pemakaian gawai. Orangtua sebaiknya anak dibimbing untuk hanya bermain-main atau setelah aktivitas lainnya untuk menstimulus perkembangannya.
Copyrights © 2023