Disiplin merupakan rasa taat dan patuh terhadap nilai yang dipercaya dan menjadi tanggung jawabnya. Pendisiplinan adalah usaha yang dilakukan untuk menanamkan nilai atau pemaksaan subjek menaati sebuah peraturan.Sehingga setiap kali anak menunjukkan, melakukan sikap disiplin maka mereka berhak mendapatkan penghargaan, imbalan atau reward, yang bermodelkan papan bintang yang dapat anak-anak kumpulkan dan ditempelkan ke papan tersebut. Dengan demikian peneliti ingin mengetahui papan bintang efektif atau tidak dalam meningkatkan kedisiplinan anak usia dini pada kelompok B. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif deskriptif, dimana peneliti turun langsung kelapangan untuk mengumpulkan suatu data yang diperlukan dalam penelitian seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak kelompok B Tk Putri Ramadhani yang berjumlah 20 orang 10 laki-laki 10 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum adanya metode pemberian reward ini kedisiplinan siswa tidak maksimal namum setelah adanya metode ini siswa lebih disiplin lagi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023