Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini
Vol 3, No 2 (2022)

ANALISIS PERMASALAHAN METODE CALLISTUNG

Amelia, Sisca Rizky (Unknown)
Fauziah, Anisa (Unknown)
Darojah, Zakiyah A’la (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

Fenomenayang terjadi di RA Darussalam Welahan Jepara pada pembelajaran metode calistung ini diterapkan pada anak dengan beberapa tahapan dimulai dengan anak dikenalkan melalui angka, simbol-simbol dan media APE. Pembelajaran ini dilaksanakan karena adanya tuntutan dan harapan orang tua yang menekankan anak untuk bisa membaca, menulis dan berhitung. Tujuan penelitian untuk memudahkan anak memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar, hal ini berkaitan dengan adanya tuntutan syarat yang mewajibkan anak untuk bisa membaca, menulis dan berhitung di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan model pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru, orang tua dan anak yang mengikuti pembelajaran calistung. Teknik dan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen pre-post test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh penerapan pembelajaran calistung di RA Darussalam memperoleh hasil yang substansial, yang berarti tidak ada penekanan pada anak karena dalam sistem pembelajaran calistung ini anak belajar sambil bermain sehingga anak tidak terlalu bosan dengan kegitan pembelajaran ini. Keywords: Analisis, Metode, Pembelajaran Calistung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jla

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Lentera Anak merupakan jurnal ilmiah pendidikan anak usia dini yang diterbitkan berkala setiap 6 bulan sekali oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. jurnal ini berisikan tentang hasil penelitian, hasil kajian ...