Semakin canggihnya teknologi diera indsutri 5.0, sehingga para orang tua harusnya semakin mudah untuk menfasilitasi anaknya guna meningkatkan kemampuan membaca. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan motivasi orang tua terhadap kemampuan membaca anak usia dini (AUD) di KB Nurussalam Al Mubarok Suwawal dalam konteks era industri 5.0. Era ini ditandai dengan adopsi teknologi canggih yang dapat membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Pendekatan penelitian yang dipilih yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 15 orang tua dari anak-anak usia 4-6 tahun di KB Nurussalam Al Mubarok Suwawal. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur tingkat motivasi orang tua serta kemampuan membaca anak-anak mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier positif yang signifikan antara motivasi orang tua dengan kategori dan kemampuan membaca AUD. Orang tua yang care, lebih antusias dalam mendukung proses belajar anak. Selain itu, dukungan teknologi dalam era industri 5.0 memungkinkan orang tua untuk lebih mudah mengakses informasi dan alat bantu belajar yang dapat meningkatkan kemampuan membaca anak. Adapun hubungan motivasi orang tua terhadap kemampuan membaca anak usia dini (AUD) dapat terlihat hasil uji linieritas dengan nilai sig Deviation from Linearity > dari 0,05 yaitu (0.984) > 0.05 , yang berarti terdapat hubungan linier secara signifikan antara motivasi orang tua terhadap kemampuan membaca AUD era industri 5.0 di KB Nurussalam Al Mubarok Suwawal.
Copyrights © 2023