Kemampuan membaca sejak dini sangat penting bagi perkembangan keterampilan membaca anak di masa depan. Anak-anak dengan keterbatasan kemampuan berpikir mungkin mengalami kesulitan dalam membaca karena membaca memerlukan proses mengenali huruf dan memahami makna tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode Glenn Doman terhadap kemajuan membaca permulaan. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan desain one group pre-test dan post- test. Penelitian dilakukan di TK Mekar Abadi, Kabupaten Bulukumba. Sampel penelitian dipilih dengan purposive sampling, yaitu anak-anak berusia 5-6 tahun yang bersedia menjadi peserta, dengan total 15 anak dari kelompok B1. Kegiatan dengan metode Glenn Doman dilakukan dalam tiga pertemuan. Indikator yang digunakan untuk mengukur perkembangan anak meliputi: a) mengenal nama-nama warna, b) menyebutkan nama-nama hewan, c) mengenal simbol angka, dan d) pengetahuan tentang bentuk geometris dasar. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes anak didik. Analisis data menggunakan statistik inferensial parametrik dengan uji paired sample t- test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Glenn Doman berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan, memperluas kosa kata, dan meningkatkan pemahaman teks anak-anak di TK Mekar Abadi, Kabupaten Bulukumba
Copyrights © 2023