Kepribadian yang positif dan mendukung cenderung mampu memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sehingga seorang guru harus mampu menyampaikan materi pelajaran dengan jelas dan menarik serta dapat memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa sehingga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan minat siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa yang ada di SMA Negeri 1 Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif regreasi karena mencoba mencari hubungan antara variabel kompetensi kepribadian guru(X) dan motivasi belajar siswa(Y). Subjek dalam penelitian ini adalah 72 siswa dan 25 guru. Berdasarkan hasil analisis Indikator kompetensi kepribadian guru penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru SMA Negeri 1 Ambon tergolong sedang, dengan jumlah guru sebanyak 32% atau 8 orang yang masuk dalam kategori baik. Sedangkan Di SMA Negeri 1 Ambon, 36% siswa atau 26 siswa memiliki motivasi belajar sedang, berdasarkan hasil penelitian dan indikator motivasi belajar yang ada. Sehingga kesimpulannya yaitu Terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan karakter guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Ambon sebesar 4,584%. Hal ini berarti bahwa keterampilan karakter guru dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, sehingga apabila keterampilan karakter baik maka motivasi belajar siswa juga baik.
Copyrights © 2024