Penelitian ini berfokus pada masalah rendahnya prestasi dan minat belajar siswa yang ditandai dengan gejala seperti siswa merasa bosan saat guru menyampaikan materi di kelas, bermain dengan teman di sampingnya, dan beberapa siswa mengantuk saat proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan kualitas pendidikan memerlukan inovasi yang sejalan dengan perkembangan zaman. Salah satu inovasi tersebut adalah integrasi media yang efektif dan efisien dalam proses pembelajaran, di mana guru memegang peran penting. Penggunaan game Wordwall sebagai media pembelajaran menawarkan tampilan menarik dalam bentuk permainan yang membantu mengatasi kebosanan siswa selama pembelajaran berlangsung. Media ini mempermudah siswa dalam memahami materi dan mendorong mereka untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif, yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji independen sampel tes dan uji paired sampel tes untuk data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game Wordwall dalam pembelajaran memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V, yang dibuktikan melalui hasil uji independent sampel tes dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu, hasil uji independent sampel tes juga menunjukkan bahwa penggunaan game Wordwall berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa kelas V, yang dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.Kata Kunci: Wordwall, Minat, Prestasi
Copyrights © 2024