Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)pengaruh langsung lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar dan pengaruh tidak langsung lingkungan sekolahterhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar, (2) pengaruh langsung kreativitas guru terhadap prestasi belajar dan pengaruh tidak langsung kreativitas guru terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar, (3) pengaruh langsung lingkungan sekolahdan kreativitas guru terhadap motivasi belajar, (4) pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 1 Bone. Tekhnik pengambilan sampel adalah strata sampel (stratified sampling) dengan jenis proporsional sampel. Instrumen yang digunakan utuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh langsung lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar dantidak terdapat pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. (2) Terdapat pengaruh langsung kreativitas guru terhadap prestasibelajardan pengaruh tidak langsung kreativitasguruterhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. (3) Terdapat pengaruh langsungyang signifikan lingkungan sekolah dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar secara parsial maupun simultan. (4) Terdapat pengaruh langsung yang positif yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Kata Kunci : Prestasi belajar ekonomi, lingkungan sekolah, kreativitas guru, motivasi belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024