Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan P5 implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 3 Takalar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan adalah peneliti itu sendiri. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil pada penelitian ini yaitu, pada perencanaan, kendala muncul terkait penyusunan modul dan bahan ajar yang kurang relevan serta keterbatasan sumber daya. Pelaksanaan kurikulum menghadapi masalah pada fleksibilitas modul, kualitas bahan ajar, serta evaluasi dan metode pengajaran yang belum optimal. Selain itu, kolaborasi antar guru juga perlu ditingkatkan. Penilaian menunjukkan ketidaksesuaian dengan tujuan pembelajaran, sementara penerapan nilai-nilai Pancasila (P5) terhambat oleh interpretasi yang kurang tepat dan pengaruh lingkungan sekolah.
Copyrights © 2024